Seberapa Gregetnya AMD Ryzen?

Teman-teman yang budiman, pernahkah kalian terpikirkan untuk menanyakan sebuah laptop beserta prosesornya secara detail dan mendasar sampai kedasar-dasarnya? Jika jawabannya pernah, maka klaian pasti tidak asing dengan laptop ber-AMD Ryzen. yak tul.. mari kita bahas apasih itu AMD Ryzen? Seberapa greget laptop yang dibekali dengan prosesor AMD Ryzen?


Jadi man-teman, jika Zen adalah sebuah instruksi untuk memproses informasi dan menghasilkan sesuatu, maka tentu harus ada yang menggunakan instruksi tersebut. Nah, prosesor pertama yang menggunakan microarchitecture ini adalah prosesor Ryzen.

Ryzen merupakan jawaban AMD untuk menyaingi Intel dalam lini prosesor tingkat tinggi. Dalam hal ini, lini keluarga Intel Core yang menjadi saingannya. Banyak sekali fitur-fitur baru yang ditawarkan di AMD Ryzen ini. Berikut beberapa teknologi yang disematkan di Ryzen yang tergabung dalam AMD SenseMi Technology:

  • Pure Power: Mengukur ratusan sensor dalam chip untuk optimasi temperatur dan penggunaan tenaga selagi mengatur performa prosesor.
  • Extended Frequency Range (XFR): Peningkatan performa secara otomatis bagi mereka yang memiliki sistem premium dengan solusi pendinginan yang lebih baik. Sistem pendingin ini bisa dari udara, air, atau LN2.
  • Precisiont Boost: Meningkatkan performa prosesor dengan cara menambah clock speed prosesor dengan kenaikan sebesar 25 MHz (versus 100MHz yang digunakan oleh Intel). Dengan kenaikan yang minim, AMD dapat meningkatkan performa tanpa menambah penggunaan daya terlalu banyak.
  • Smart Prefetch: Bekerja sama dengan Neural Net Prediction, Smart Prefetch dapat menyediakan data secara prediktif, sehingga kinerja kecerdasan buatannya jadi lebih cepat.
  • Neural Net Prediction: Ryzen dapat mengenali aplikasi yang anda jalankan dan dapat mengantisipasi langkah selanjutnya yang dibutuhkan. Dengan prediksi dari kecerdasan buatan ini, Ryzen dapat meningkatkan performanya dengan cara mengetahui jalur tercepat di dalam prosesor, sehingga aplikasi dan game menjadi lebih cepat.
Semua prosesor Ryzen dibuat berdasarkan teknologi 14 nm process. Dimana setiap transistor yang ada di Ryzen hanya memiliki jarak 14 nm (nano meter). Yang membuat AMD Ryzen semakin menarik adalah harganya yang terbilang terjangkau jika dibandingkan Intel yang sudah lama memonopoli pasar prosesor desktop dan notebook. Jadi, bisa disimpulkan bahwa harga per performa dari Ryzen akan lebih tinggi dibandingkan dengan prosesor Intel.

Dalam peluncurannya pada bulan Maret 2017, AMD memperkenalkan prosesor untuk desktop terlebih dulu. Ada 3 lini keluarga prosesor yang diperkenalkan untuk Ryzen. Berikut 3 lini keluarga prosesor Ryzen untuk desktop:
  • AMD Ryzen – untuk pengguna komersil
  • AMD Ryzen Pro – untuk pengguna komersil dan bisnis
  • AMD Ryzen Threadripper – untuk pengguna komersil dan bisnis tingkat tinggi
"Apakah laptop AMD Ryzen layak untuk dibeli?” Jika pertanyaan ini pernah muncul, maka jawabannya iya.

Pertanyaan ini sebenarnya wajar karena banyak orang yang sempat memandang AMD sebelah mata. Tapi, itu dulu. Saat ini, prosesor ini justru sukses memikat hati para penggila teknologi, setelah AMD memamerkan terobosan baru lewat dirilisnya APU AMD Ryzen™ beberapa waktu lalu.

Kini, prosesor AMD semakin menunjukkan eksistensinya di dunia teknologi. Salah satu keistimewaan yang ditawarkan oleh salah satu prosesor paling kuat di dunia ini adalah sudah dilengkapi kartu grafis terintegrasi andal Radeon Vega Series ke dalam bodi laptop. Dengan spesifikasi tersebut, tak aneh bila laptop AMD Ryzen banyak menyasar ke segmen laptop kelas atas. Hal ini pun menjadi kabar baik bagi para penikmat multimedia dan gaming karena memiliki banyak pilihan perangkat.
Dirancang dengan teknologi mutakhir, prosesor AMD Ryzen™ terbaru memberikan kinerja yang sangat cepat saat bermain atau bekerja. Saat ini, prosesor andalan terbaru AMD ini hadir dengan tiga varian, yaitu, AMD Ryzen™ 3 untuk penggunaan kelas entry level, Ryzen™ 5 untuk segmen laptop kelas menengah, dan Ryzen™ 7 untuk gaming enthusiast atau profesional.

Sebagai contoh, jika kamu menginginkan performa CPU yang baik untuk memainkan beberapa jenis game, maka AMD Ryzen™ 5 cukup ideal. Prosesor yang didukung jumlah core yang banyak ini menjadi solusi bagi gamer yang sedang mewujudkan impiannya.

Salah satu daya tariknya terletak pada performa Ryzen™ 5 yang mampu menyaingi kinerja pesaingnya, yaitu prosesor Intel generasi ke-8. Bukan itu saja, prosesor APU Ryzen ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan overclock saat menginginkan performa lebih tinggi. Berkat unclocked multiplier, maka Ryzen™ 5 bisa menampilkan performa grafis 38% lebih baik saat di-overclock.

Unggul di performa, maka laptop AMD Ryzen juga unggul di kualitas grafis. Lewat laptop berbasis AMD Ryzen™ 7, kamu bisa memainkan games populer seperti DOTA 2, PUBG, The Witcher 3, dan sebagainya dengan lancar. Bahkan, gaming Virtual Reality juga bisa berjalan mulus tanpa hambatan.

Jangan heran, AMD Ryzen™ 7 sudah diperkuat arsitektur Radeon Vega yang kemampuan grafisnya sangat mumpuni dan jelas mampu menjadi pesaing yang patut ditakuti oleh kompetitornya. Selain itu, prosesor ini juga telah dilengkapi dukungan untuk display berteknologi Freesync 2.0 dan display berteknologi HDR sehingga memungkinkan kamu untuk menikmati game atau video berkualitas tinggi secara mulus. Dengan begini, kamu tak perlu bingung memilih kartu grafis yang tepat karena laptop AMD Ryzen™ 7 sudah memberikannya secara lengkap.

Selain pas bagi gamer, AMD Ryzen™ 7 juga ideal untuk para content creator. Editing video atau memutar video 4K bukan lagi suatu masalah bagi prosesor ini. Bahkan, bagi kamu yang suka melakukan multitasking, laptop AMD Ryzen™ 7 sanggup menjalankan berbagai pekerjaan secara bersamaan dengan baik! Dengan begini, semua pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu.

Komentar