NVIDIA GeForce


Pernah mendengar atau melihat logo NVIDIA di sebuah laptop atau pc? NVIDIA itu apa sih? Sebuah software ataukah hardware? Fungsi apa yang dimilikinya? Wow... banyak sekali bukan pertanyaan yang beterbangan di benak kalian ketika pertama kali mendengar istilah NVIDIA atau melihat logonya yang berwarna hijau segar seperti gambar diatas? Jika benar, maka mimin akan memberikan pencerahan, silakan disimak ya.

NVIDIA diproduksi oleh Nvidia Corporation, itu yang merupakan sebuah perusahaan prosesor grafis (Graphics Processing Unit), kartu grafis dan media serta alat-alat komunikasi untuk computer. Produk NVIDIA yang paling terkenal yaitu seri GeForce, yang digunakan untuk bermain game di computer.

Jadi, NVIDIA atau NVIDIA GeForce adalah sebuah hardware yang memiliki fungsi sebagai kartu grafis, sesuai dengan kegunaannya yaitu sebagai render grafis. oleh karena itu, gambar yang dihasilkan sebuah perangkat akan lebih baik kualitasnya ketimbang chip onboard.  Jika kalian ingin memainkan game-game terkini, maka vga yang mumpuni sangatlah dibutuhkan.

NVIDIA GeForce memberi kebebasan dalam pengaturan kinerja kartu grafiknya melalui NVIDIA Control Panel. Selain itu juga, NVIDIA memberi support kepada pengguna dalam mengoptimalisasi pengaturan game melalui GeForce Experience. 

Berikut adalah 5 fungsi NVIDIA GeForce :

1. Ambien Occlusion

Berfungsi sebagai pengatur pencahayaan bayangan dan kedalaman gambar agar lebih realistis. Ambien Occlusion merupakan salah satu setingan yang menuntut GPU bekerja dengan kapasitas tinggi, sehingga untuk computer low-end disarankan memilih performance mode off. Namun untuk computer high-end memiliki settingan Quality yang akan menawarkan tampilan yang lebih realistis, sehingga desain 3D pada gaming sangat terasa.

2. Anisotropic Filtering

NVIDIA GeForce juga menyediakan fungsi penyaringan texture permukaan gambar pada objek 3D agar terlihat lebih jernih dan indah,

3. Antialiasing - FXAA (Fast Aproximate  Anti-Aliasing)

Merupakan salah satu Teknik yang digunakan oleh GPU, yaitu dengan menghaluskan semua bagian kasar dalam tampilan aplikasi secara keseluruhan.

4. Antialiasing - Gamma Correction

Ini fungsinya sebagai pengatur kecerahan gambar, dan tidak berefek apapun pada performa game maupun pengelolaan grafis.

5. Antialiasing - Mode

ini berfungsi sebagai penentu cara GPU dalam mengeksekusi antialiasing dalam aplikasi. .

Komentar